Categories
Saham

Apa Itu Saham? Bagaimana Cara Untung dari Main Saham?

Apa Itu Saham? – Investasi Saham sangat menggiurkan dan bagi anda yang ingin trading saham, disini akan saya jelaskan secara singkat tapi lengkap tentang bermain saham yang benar dan profitable.

Secara Umum, saham adalah dokumen berharga suatu perusahaan, jika ada membeli lembar saham mereka berarti otomatis anda sudah memiliki saham di perusahaan tersebut, untuk jenis saham sendiri terdari berbagai jenis dibawah ini.

Jenis Saham Berdasarkan Kemampuan :

Saham Biasa (Common Stock)

Pengertian saham biasa atau common stocks ialah suatu saham yang dapat diklaim menurut dari deviden dan kerugian yang terdapat pada sebuah perusahaan.

Apabila formalitas likuidasi dilakukan, maka semua pemegang saham biasa bakal mempunyai prioritas terakhir dalam urusan pembagian dividen dari penjualan aset sebuah perusahaan.

Saham Preferen (Preferred Stock)

Pengertian saham preferen atau preferred stock sebuah saham yang mana nilai pembagian labanya termasuk tetap, dan ketika perusahaan menderita kerugian, maka semua pemegang saham preferen itu akan diserahkan prioritas utama dalam urusan pembagian hasil penjualan aset perusahaan.

Saham preferen ini barangkali akan tampak sama dengan obligasi, yang mana adanya klaim terhadap laba serta aktiva sebelumnya, dividen yang tetap sekitar saham masih berlaku, memiliki hak tebus, dan juga dapat ditukarkan dengan saham yang biasa.

Jenis Saham Berdasarkan Kinerjanya

Saham juga dapat dibagi menurut kinerja atau performa dari perusahaan, yaitu

1. Blue Chip Stocks

Pengertian saham blue chip atau blue chip stocks ialah suatu perusahaan besar yang sudah diandalkan di kalangan semua pebisnis lain. Saham ini ingin mempunyai harga perlembar yang lebih tinggi tetapi nilainya lebih stabil

2. Income Stocks

Pengertian saham penghasilan atau Income stocks ialah jenis saham yang dapat memberikan dividen yang besar, tetapi tetap diiringi dengan risiko yang besar juga. Sehingga, dibutuhkan strategi yang ampuh dalam mengelola jenis saham ini.

3. Growth Stocks

Pengertian saham berkembang atau growth stocks ialah saham yang memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat daripada jenis sahal beda yang sama di bidangnya. Dalam kurun masa-masa satu hari, jenis saham ini dapat meningkat atau menurun sejumlah kali.

4. Speculative Stocks

Pengertian saham spekulatif atau speculative stocks ialah jenis saham yang biasa atau tidak jarang diperjualbelikan di bursa efek sebab didalamnya terdapat potensi dividen yang besar di masa depan.

5. Cyclical Stocks

Pengertian saham cyclical atau cyclical stocks ialah jenis saham yang paling rentan terpapar tren ekonomi. Saham ini mempunyai sifat fluktuatif, dan ketidaktetapan di dalamnya tergolong paling cepat.

6. Emerging Growth Stock

Jenis saham ini ialah jenis saham yang berasal dari perusahaan kecil, tetapi lebih tahan banting, karena ingin tidak terpengaruh dengan situasi ekonomi yang naik turun, terlebih lagi dengan adanya resesi.

7. Defensive Stocks

Defensive stocks ialah jenis saham yang tidak terpengaruh dengan adanya situasi resesi. Umumnya, saham ini berasal dari perusahaan yang bergerak pada industri harian insan yang daya belinya ingin stabil di masing-masing harinya.

Cara Dapat Keuntungan dari Saham

Capital Gain

Capital Gain ialah profit yang diperoleh dari adanya selisih harga jual saham yang lebih tinggi daripada harga belinya. Setiap investor saham nantinya akan mendapat keuntungan cocok dengan besaran nilai saham yang telah disetorkannya.

Dividen

Dividen ialah nilai deviden yang diperoleh dari hasil pembagian dividen tunai dari sebuah emiten. Dividen ialah pendapatan ekstra yang dapat diraih oleh investor andai mereka melakukan pembelian saham dari emiten yang mempunyai performa penghasilan yang bagus.

Sektor Saham

Dari data Bursa Efek Indonesia, Sendiri anda beberapa sektor saham untuk bisa anda beli, yaitu :

Agriculture

merangkum usaha di bidang tumbuhan pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa-jasa yang secara langsung berhubungan dengan bidang tersebut.
– Crops
– Plantation
– Animal Husbandary
– Fishery

Mining

usaha di bidang pertambangan dan penggalian, laksana pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, biji logam, ekskavasi batu-batuan, tanah liat, pasir, penambangan dan ekskavasi garam, pertambangan mineral, bahan kimia, dan bahan pupuk, serta penambangan gips, aspal dan gamping.

– Coal Mining
– Crude Petroleum & Natural Gas Production
– Metal and Mineral Mining
– Land / Stone Quarrying

Basic industry & chemicals

industri dasar merangkum usaha pengubahan material dasar menjadi barang separuh jadi; atau barang jadi yang masih bakal diproses di sektor perekonomian selanjutnya. Industri kimia merangkum usaha pengolahan bahan-bahan berhubungan kimia dasar yang akan dipakai pada proses buatan selanjutnya dan industri farmasi.

– Cement
– Ceramics, Glass, Porcelain
– Metal And Allied Products
– Chemicals
– Plastics and Packaging
– Animal Feed
– Wood Industries
– Pulp and Paper
– Others

Miscellaneous industry

mencakup usaha penciptaan mesin-mesin berat maupun ringan; tergolong komponen penunjangnya.

– Machinery And Heavy Equipment
– Automotive and Components
– Textile, Garment
– Footwear
– Cable
– Electronics

Consumer goods industry

usaha pengolahan yang mengolah bahan dasar/setengah jadi menjadi barang jadi yang lazimnya dapat dikonsumsi pribadi/rumah tangga.
– Food And Beverages
– Tobacco Manufacturers
– Pharmaceuticals
– Cosmetics and Household
– Houseware
– Others

Property, real estate, and building construction

konstruksi mencakup usaha pembuatan, perbaikan, pembongkaran lokasi tinggal dan sekian banyak jenis gedung. Real estate merangkum usaha pembelian, penjualan, persewaan, dan pengoperasian sekian banyak macam bangunan lokasi tinggal dan bukan lokasi tinggal.
– Property and Real Estate
– Building Construction

Infrastructure, utility, and transportation

usaha yang mencakup penyediaan energi, sarana transportasi dan telekomunikasi, serta bangunan infrasruktur dan jasa-jasa penunjangnya. Bangunan infrastruktur mencakup bangunan non gedung dan rumah.

– Energy
– Toll Road, Airport, Harbor and Allied Products
– Telecommunication
– Transportation
– Non Building Construction

Finance

usaha berhubungan sektor keuangan, mencakup perantara keuangan, lembaga pembiayaan, asuransi, perusahaan efek, dan perusahaan investasi.

– Bank
– Financial Institution
– Securities Company
– Insurance
– Others

Trade, service, and investment

merangkum usaha perniagaan partai besar dan kecil/eceran, serta usaha berhubungan sektor jasa laksana hotel, restoran, komputer dan perangkatnya, periklanan dan media serta industri percetakan.

– Wholesale
– Retail Trade
– Restaurant, Hotel and Tourism
– Advertising, Printing & Media
– Healthcare
– Computer And Services
– Investment Company
– Others

Dalam dunia Trading di Indonesia sendiri, orang orang biasa mencari saham blue chips karena keuntungan yang di hasilkan juga tinggi, dan juga untuk sektor nya sendiri biasa nya dari finance dan ecommerce.

Biasanya saham saham yang biasa dibeli orang adalah saham Bank BRI, Bank BNI, lalu seperti Tokopedia, Alam Sutera, dan masih banyak lagi.

Lalu Saham sendiri dibagi menjadi 2 bagian lagi yaitu :

  • Indeks Saham
  • Stock Saham

Tergantun dari gaya trading anda dan preferensi anda apakah anda Good Value Investor atau Technical Investor.

Selain Saham yang ada di Bursa Efek, IHSG adapun juga bisa bermain saham yang ada di Wall Street seperti Down Jones dan S&P 500.

Anda bisa membeli stock saham dari perusahaan terkenal seperti Microsoft, Alphabet(Google), Apple, Facebook, Tesla, dsb.

Baik mungkin untuk penjelasan singkatnya seperti ini dulu, nantikan artikel saya lain nya untuk hal mendalam tentang saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *